Situs Diskon Voucher

11 Sep

Berhubung semangat nulisnya lagi ON, kali ini miss diskon akan coba bahas ttg situs-situs diskon yang lagi marak nih di Indonesia. :) Buat temen-temen yang gemar cari promo dan diskonan, pastinya sudah tahu, sering dengar atau malah sudah bergabung dan membeli voucher via situs2 tersebut. Buat yang belum, semoga info2 ini bermanfaat ya.

Apa itu situs diskon?

Situs diskon adalah website yang bekerjasama dgn merchant2 dan menawarkan semacam kupon / voucher potongan untuk transaksi / produk2 merchant. Idenya sih mirip dengan promo2 kartu kredit. Bedanya kita tidak perlu punya kartu kreditnya untuk bisa menikmati diskon dan promo2 spesialnya.

Promo yang ditawarkan situs2 tersebut biasanya bervariasi. Dari promo makanan, salon, spa, dental, kursus, gadget dll. Pihak situs diskon pun secara berkala mengupdate promo yang ditampilkan di websitenya. Biasanya setiap hari atau 2 hari sekali.

Bagaimana cara kerjanya?

1. Sign up menjadi member situs tersebut (free of charge / gratis)

2. Bila ada voucher/promo yang menarik dan setelah membaca syarat dan ketentuan promo, member bisa memutuskan untuk membeli voucher/promo tersebut dalam jumlah tertentu.

3. Settlement transaksi dilakukan dengan metode2 transfer yang diinfokan di situs tersebut.  Bisa dengan transfer bank, klikBCA atau bahkan paypal.

4. Setelah settlement, member harus menunggu dalam jangka waktu tertentu (biasanya max. 2 hr kerja) untuk pemrosesan voucher oleh pihak situs.

5. Setelah voucher ready, biasanya email notifikasi akan dikirimkan ke member. Member pun dapat login kembali ke situs dan mengecek account member untuk melihat voucher elektronik yang sudah berada di account sang member.

6. Untuk menggunakan voucher, member harus melakukan pencetakan voucher elektronik tersebut (bisa print sendiri di kertas A4 / folio).

7. Step terakhir, member tinggal menyerahkan voucher yang sudah diprint tersebut ke pihak merchant.

Apa untung ruginya?

Keuntungannya seperti yang dijelaskan sebelumnya, model voucher seperti ini memudahkan kita untuk menikmati promo2 secara bebas. Berbeda dengan promo kartu kredit, kita harus memiliki kartu tersebut untuk bisa menikmati promonya.

Sedangkan kerugiannya adalah kita harus bayar di muka. Kalau kartu kredit kita bisa gesek, bayarnya tunggu tanggal cetak (belakangan).

Wait for it…bayar dimuka? maksudnya? Ok, miss diskon jelaskan ya. Untuk model voucher ini, pemirsa membeli voucher pada saat ini dimana vouchernya baru dapat digunakan pada tanggal tertentu (biasanya 2 mgg kemudian) dan akan expired pada tanggal tertentu jg.

Tips-tips dalam membeli voucher diskon? Do’s and Don’ts

1. BACA dengan baik bagian KETERANGAN VOUCHER, SYARAT dan KETENTUAN.

2. Perhatikan lokasi promo ya. Jangan sampai saking semangatnya kita dalam memburu voucher sehingga tempat yang jauh dari rumah/kantor pun kita beli. Kalau dihitung2 dengan kepala dingin. Bisa jadi ongkos PP k tempat tersebut lebih mahal dibanding promonya lho.

3. Hindari membeli voucher yang tidak menampilkan daftar harga pada bagian keterangannya. Karena kita tidak tahu dengan voucher value tersebut apa yang bisa kita dapatkan.

4. Perhatikan jumlah max voucher yang dapat kita gunakan dalam 1x transaksi. Bandingkan sekali lagi dengan daftar harga.

O ya, ketika ingin mencoba suatu resto, pastinya kita ingin nyoba ramean bareng pacar, teman or family. Biasanya kita berasumsi nih, kalau kita dan teman masing2 punya voucher, kita bs gunakan voucher masing2 dengan pisah bon transaksi (split bill). Tapi terkadang, pihak resto tidak membolehkan yg seperti itu. Mereka memberlakukan 1 meja = 1 bill. Nah, yang model seperti ini harus dikonfirmasikan terlebih dulu dengan pihak restonya. Pemirsa bisa tlp dulu untuk tanya2 sebelum memutuskan membeli vouchernya. Kan kita tidak mau sampai kejadian demi icip2 di resto itu, pemirsa dan teman2 masing2 harus duduk berjauh2an / di meja yang berbeda2 demi bisa menggunakan voucher. Niat sekaleee… :P

5. Untuk voucher makanan/resto. Perhatikan apakah voucher tersebut bisa digunakan untuk membayar total transaksi + tax and service atau hanya untuk makanan saja.

Miss diskon punya pengalaman membeli voucher yang hanya valuenya hanya bisa digunakan untuk makanan saja. Ujung2nya menyesal karena harga minumannya mahal + tax dan service chargenya saja bisa sampai 21%!!! Niatnya makan hemat malah jadi makan borju. T_T.

6. Untuk voucher2 yang bentuknya bukan barang / makanan seperti treatment di salon, spa dsb. HATI2! Biasanya yang model seperti ini suka ada pengurangan waktu treatment, atau service atau pembatasan penggunaan voucher setiap harinya.

Kecuali si merchant yang melakukan promo sudah terkenaaalll banget dan punya reputasi yg TOP MARKOTOP bolehlah decide untuk beli. Biasanya miss diskon beli voucher untuk treatment max cm 2 doang. Was2 soalnya.

Pengalaman yang dulu beli voucher treatment bener2 bikin kapok. Kelewat terburu nafsu dengan diskon s/d 80% untuk salon. So, sebelum beli coba pastikan beberapa hal berikut:

  • Waktu/durasi treatment. Kadang kalau pakai voucher waktunya beda dgn yg bayar full. Biasanya 1 jam, suka dcut jd 30/40 menit saja
  • Biasanya untuk salon, treatment seperti creambath/hair spa tidak termasuk blow. Biasanya habis bilas cuma dikeringkan saja. Untuk blow di luar voucher + harus tambah biaya.
  • Harus reservasi terlebih dahulu dan biasanya ada penalti untuk cancellation. Note: jgn keburu sebal dengan penalti ini, justru kalau tempatnya tidak mengenakan penalti, orang lain bs cancel seenaknya dan kita pun akan dirugikan karena tidak bisa melakukan reserve karena selalu full.
  • Terkadang ada limit jumlah customer pengguna voucher yang bisa dilayani setiap harinya.
  • Banyaknya voucher yang sudah terjual s/d saat ini vs masa berlaku voucher. Biasanya yang sudah kerja pasti baru sempat pergi treatment pada hari Sabtu/Mgg. Dengan asumsi semua org yg membeli adalah org2 kerja, coba hitung dan bagi apakah wajar kalau hari Sabtu/Mgg salon / tempat treatment tersebut menangani sekitar 100-500 org/harinya? Dbanding pemirsa menyesal sudah membeli voucher tapi tidak bisa digunakan, lebih baik tidak usah membeli saja.

7. Perhatikan jangka waktu berlakunya voucher. Pastikan pemirsa punya cukup waktu untuk menggunakan voucher.

Situs2 diskon yang terkenal

Ok, that’s it. Info dan tips2 seputar situs diskon yang bisa miss diskon bagi untuk kalian. Nanti kalau kepikiran lagi yang lain akan miss diskon tambahkan disini ya.

One Response to “Situs Diskon Voucher”

  1. ardiardo September 12, 2011 at 7:48 am #

    Bagus juga informasinya. Memang kita harus hati-hati dan mau membaca ketentuan2 yang ada di web promo, biar ngga merasa dibohongi. Selain web diskon di atas, banyak juga loh yang lainnya seperti http://www.outlet.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: