Advertisements

Paspor Online – Imigrasi Jakarta Pusat

8 Jan

Heloow pemirsa, miss diskon tertarik untuk menulis tentang ini karena belakangan banyak teman yang bertanya-tanya ke diriku tentang pengurusan paspor via online. FYI, miss diskon sempat mengurus bikin passport untuk my mom, brother dan perpanjangan passport buat miss diskon sendiri bulan May 2012 yang lalu via paspor online. Intinya sih mengurus sendiri, bukan lewat
calo :P. Maklum, demi penghematan karena yang diurus 3 orang ding. 🙂

Tahukah Anda bahwa sekarang untuk mengurus passport Anda dapat mensubmit terlebih dahulu dokumen2 yang diperlukan via Internet? Karena dirjen imigrasi sekarang telah menyediakan layanan ini via website imigrasi. Layanan permohonan paspor online dapat diakses pada menu utamanya.

General prosesnya:
1. Ajukan permohonan paspor online
2. Datang ke kantor imigrasi pada tanggal yang dipilih pada saat mengajukan permohonan paspor online
3. Kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor

Persiapan permohonan paspor online:
1. Baca terlebih dahulu tatacara permohonan Paspor online
2. Siapkan dokumen2 yang diperlukan: Akta Kelahiran, KTP, Kartu Keluarga, Passport lama, Surat keterangan Kerja dari perusahaan (bagi yang status pekerjaan di Kartu Keluarga adalah Karyawan), surat nikah (bagi yang menikah) dll.

Notes: Bila Anda adalah wiraswasta biasanya pihak imigrasi meminta surat keterangan lurah yang menyatakan bahwa pekerjaan Anda wiraswasta. Bagi pelajar, miss diskon kurang yakin surat keterangan apa yang dibutuhkan, namun ada baiknya disiapkan surat keterangan dari sekolah.

3. Scan dokumen2 tersebut sesuai dengan ketentuan (grayscale, size max 300KB)
4. Isi permohonan paspor online sesuai petunjuk.
5. Setelah permohonan paspor online disubmit, Anda akan menerima tanda terima pra pemohon dengan informasi tanggal yang Anda pilih untuk datang ke kantor imigrasi.

Persiapan sebelum datang ke kantor imigrasi:
1. Bawa copy dari dokumen2 yang telah discan dan diupload sebelumnya.

Notes: Pastikan setiap 1 dokumen = 1 lembar halaman. Jangan lakukan fotocopy bolak-balik, jangan mengcopy bbrp dokumen ke dalam 1 lembar halaman. Fotokopi perbesar KTP Anda.

2. Bawa dokumen asli untuk pemeriksaan
3. Jika Anda akan mengurus perpanjangan passport, bawa passport lama Anda
4. Bawa surat keterangan kerja / lurah / sekolah
5. Bawa tanda terima pra pemohon
6. Mengenakan baju rapih / kemeja
7. Bagi yang memakai kontak lensa, sebaiknya gunakan kacamata saja ketika datang
8. Bawa alat tulis, kertas dan materai just in case bila diperlukan

Proses di kantor imigrasi:
1. Datanglah pagi jam 7/7.30! Anda tidak akan percaya betapa banyaknya orang2
yang mengurus passpor :P.
2. Di depan biasanya petugas imigrasi akan membuka lapak/meja untuk memberikan nomor antrian. Informasikan bahwa Anda mengurus paspor online, Anda akan diberikan nomor antrian khusus paspor online. Tanyalah dimana loket paspor online Anda berada.

Notes: perbedaan pengurusan paspor online dan paspor biasa hanya dalam hal antrian saja. Ada loket tersendiri untuk paspor online, dan biasanya antriannya lebih sedikit.

3. Beli map kuning seharga Rp 7500 di tempat fotokopian. Map ini biasanya sudah lengkap dengan formulir dan cover paspor. Isi formulir dan masukkan dokumen yang telah Anda bawa sebelumnya ke map ini.
4. Tunggu hingga nomor Anda dipanggil untuk pemeriksaan dokumen di loket paspor online.
5. Serahkan dokumen, tunggu untuk dipanggil kembali untuk pengembalian berkas. Petugas akan memberitahukan jadwal foto dan wawancara. Supaya pemirsa bisa foto d hari yang sama, datanglah pagi2 sekali.
5. Bayar pengurusan passport di loket seharga Rp 255.000. Kita akan diberi nomor baru untuk antrian foto
6. Tunggu antrian untuk pengambilan sidik jari, foto, wawancara
Pada proses pengambilan sidik jari dan foto, petugas imigrasi akan bertanya singkat mengenai tujuan kita membuat paspor. Setelah selesai kalau tidak salah kita harus mengantri lagi di tempat pengambilan passport. Sebaiknya pemirsa tanyakan ke petugas langkah selanjutnya.
7. Tunggu antrian untuk pengambilan passport / informasi kapan passportnya jadi. Jangan lupa tanyakan apakah pengambilan paspor bisa diwakilkan dan tata caranya untuk diwakilkan (apakah butuh surat kuasa bermaterai dsb)

FYI:
Pas nunggu ini lumayan lama ya pemirsa. Miss diskon dulu datang dari pagi jam 1/2 8 dikala kantor imigrasinya belum buka. Proses dokumen, bayar loket s/d nunggu buat foto, baru kebagian jam 3 sore. T_T.

Terus ngelihat orang2 yang pakai calo asik sekali datang cm 10 menit pas jam makan siang, masuk ke dalam tinggal foto saja langsung pulang lagi. Huikss…beginilah nasib ngurus sendiri. Jadi miss diskon sarankan kalau pemirsa hanya urus passport untuk diri sendiri sepertinya better pakai calo, kalau tidak nanti sayang hari cuti (jika pemirsa karyawan) yang terpakai untuk pengurusan ini.

Andddd….dulu pas urus sendiri, miss diskon sempat harus balik lagi karena kurang surat keterangan kerja dari perusahaan dan adikku ga bikin surat keterangan lurah yang menyatakan pekerjaannya wiraswasta. So, pemirsa jangan mengulang kesalahan yang sama ya. Gutlak!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: